Bisnis Desain Grafis Tak Perlu Modal Banyak, Cek Persiapannya

JAKARTA – Dunia komputer memang terus bergerak maju. Sekarang komputer bukan hanya digunakan untuk menulis kata-kata saja. Tetapi juga dapat menghasilkan berbagai macam desain seni. Desain seni itulah yang saat ini banyak dibutuhkan.

Desain seni yang sering dibutuhkan masyarakat antara lain: kartu undangan, logo perusahaan, kartu ucapan, kartu undangan pernikahan, kartu undangan ulang tahun, kop surat, brosur, desain majalah, desain buletin, dan produk-produk digital lainnya.

Melansir buku 10 Bisnis Paling prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila, berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha:

  1. Persiapkan alat-alat yang memadai, seperti komputer dengan program yang sesuai untuk mendesain di antaranya: Corel Draw, Photoshop, Adobe Indesign, Pagemaker, Movie Maker, dan lain sebagainya.
  2. Menyiapkan peralatan pendukung, seperti sprinter, scanner, kertas, dan perlengkapan ATK lainnya.
  3. Kemampuan memadai untuk menguasai aplikasi multimedia.
  4. Kemampuan menerjemahkan bahasa informasi ke dalam bahasa seni digital tanpa mengurangi esensi dari informasi itu.
  5. Persiapkan marketing kepala pihak membutuhkan.

Sementara itu, berikut tips menjalankan usahanya:

  1. Rajin menambah wawasan dalam bidang komputerisasi. Ikuti terus perkembangan terkini lewat media-media komputer.
  2. Dekati pasar potensial, yaitu organisasi-organisasi yang membutuhkan perlengkapan administrasi dan perusahaan yang membutuhkan jasa promosi. Siapkan proposal dengan desain yang bagus sebagai sarana promosi. Tawarkan jasa Anda dan jangan lupa memberikan beberapa sampel desain.
  3. Berikan kualitas pelayanan yang memuaskan dengan harga bersaing. Untuk promosi, tidak perlu mematok harga yang terlalu mahal, yang penting bagaimana mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
  4. Buat media promosi yang bagus, seperti brosur, pamflet, leaflet, dan poster sebagai perkenalan kepada masyarakat. Manfaatkan juga jejaring sosial dunia maya yang dimiliki. Sediakan pula kartu nama untuk disebarkan.
  5. Manfaatkan momen-momen tertentu untuk meningkatkan permintaan jasa desain grafis, misalnya pada momen kampanye Pemilu, opening komunitas atau perusahaan baru, dan sejenisnya.

sumber: https://economy.okezone.com/read/2018/05/25/320/1902671/bisnis-desain-grafis-tak-perlu-modal-banyak-cek-persiapannya

Posted in