Kenali 4 Ilmu Desain sebagai Seorang Desainer

JAKARTA – Beberapa tahun belakangan ini profesi desainer kerap kali menjadi sorotan para pencari kerja Indonesia yang memiliki daya kreativitas dan ide-ide cemerlang di bidang desain interior, grafis, busana dan lain sebagainya. Tapi, apa sih pengertian dari profesi desainer yang sebenarnya? Berikut penjelasannya.

Desainer atau perancang yang diambil dari Bahasa inggris yakni Designer adalah seseorang yang merancang atau menciptakan sesuatu berdasarkan imajinasi dan kreativitas yang ia miliki. Adapun definisi terluas dari seorang Desainer adalah mereka yang menciptakan dan merencanakan serangkaian aktivitas yang memiliki tujuan untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik.

Desainer juga memiliki beberapa peran sekaligus dalam pekerjaannya, peran pertama ialah sebagai seni rupawan yang merupakan bagian dari pekerja seni yang bersangkutan dengan nilai-nilai estetika (keindahan) seperti dalam penentuan bentuk, warna dan berbagai macam hal lainnya yang bila dikombinasikan menjadi suatu hal yang sedap dipandang mata. Adapun peran yang lain dari seorang desainer adalah sebagai komunikator untuk memvisualisasikan pesan-pesan verbal agar dapat dengan mudah dimengerti dan dengan cara yang indah dan menyenangkan.

Selain itu, ilmu desain dibagi menjadi 4 yaitu Desain Busana, Interior, Komunikasi Visual dan juga Arsitektur.

Desain Busana

Merupakan bidang yang digeluti seorang desainer atau perancang dalam ruang lingkup busana saja. Adapun pekerjaan yang akan dikerjakan oleh seorang desainer busana seperti menciptakan dan juga merancang sebuah pakaian dan atribut lainnya agar dapat digunakan dengan nyaman dan indah untuk dipandang. Merancang ukuran, bentuk, warna, tekstur dan sebagainya merupakan bagian-bagian dari pakaian yang bisa dirancang sedemikian rupa oleh seorang Desainer busana.

Desain Interior

Adapun desain interior merupakan sebuah pekerjaan untuk merancang tata letak ruangan agar sesuai dengan kebutuhan dan selera dari pelanggan. Desain interior juga memiliki unsur-unsur atau lemen seperti ruang, bentuk, warna dan tekstur yang harus dipadupadankan dengan baik sehingga nyaman untuk ditinggali dan berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya seorang desain interior dapat merekomendasikan sebuah rancangan ruangan yang indah dengan berbagai macam dekorasi yang menakjubkan.

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah sebuah cabang ilmu dari desain itu sendiri yang bergerak di bidang komunikasi, kreativitas, teknik dan media yang memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan suatu pesan tertentu. Adapun pekerjaan dari desainer di bidang ini seperti membuat logo, desain majalah atau surat kabar, desain kemasan, desain periklanana atau promosi dan berbagai macam hal lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan kepada khalayak umum atau audiens tertentu.

Desain Arsitektur

Desain Arsitektur atau bangunan agak mirip dengan desain interior, tapi perbedaan yang mencolok adalah ruang lingkup dan ornament yang dikerjakan. Bila Desain interior hanya berkecimpung dalam dekorasi ruangan dan semacamnya. Desain arsitektur bekerja untuk sebuah bangunan secara kesuluruhan. Baik bentuk, fungsi, warna, bahan bangunan dan sebagainya yang dapat mendukung pekerjaannya dalam membuat sebuah bangunan dengan fungsi yang maksimal namun tetap memiliki nilai estetika yang mengesankan.

Dari masing-masing cabang dari ilmu desain itu sendiri, desainer yang bekerja juga memiliki keahlian dan kemampuan yang jauh berbeda. Sehingga tidak mungkin untuk seorang desainer baju juga mengerjakan pekerjaan dari seorang desainer arsitektur atau sebaliknya.

Adapun pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh seorang Desainer dari Ilmu komunikasi visual jauh lebih beragam seperti Illustrator, Fotografer, Desain grafis, Animator, Web desainer, Biro iklan, Biro konsultan desain dan masih banyak lagi.

Ternyata seorang Desainer juga memiliki keahlian yang beragam dan sesuai fungsinya sendiri serta tidak bisa disamakan antara satu cabang ilmu dengan cabang ilmu lainnya.

sumber: https://news.okezone.com/read/2018/09/08/65/1947825/kenali-4-ilmu-desain-sebagai-seorang-desainer

Posted in